Langsung ke konten utama

Ciri - Ciri dan Unsur - Unsur dari Organiasasi

CIRI-CIRI ORGANISASI

Ilmu organisasi merupakan ilmu yang penting dimiliki, karena dalam kehidupan kita tidak lepas dari organisasi. Di mulai dari lingkungan yang sederhana dari keluarga, hingga struktur yang rumit seperti organisasi pemerintahan.

Adapun ciri-ciri organisasi:
– Mempunyai tujuan & sasaran. Hal ini merupakan hal yang wajib bagi sebuah organisasi.
– Mempunyai keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati.
– Adanya kerja sama dari sekelompok orang. Pentingnya ada anggota atau sekelompok orang dalam organisasi
– Mempunyai koordinasi tugas dan wewenang. Adanya pembagian tugas dan wewenang pada setiap anggota dalam organisasi tersebut.

UNSUR-UNSUR ORGANISASI

Setiap bentuk organisasi akan mempunyai unsur-unsur tertentu, yang antara lain sebagai berikut:


  • Man


Man / orang-orang , dalam kehidupan organisasi atau ketatalembagaan sering disebut dengan istilah pegawai atau personnel. Pegawai atau personnel terdiri dari semua anggota atau warga organisasi, yang menurut fungsi dan tingkatannya terdiri dari unsur pimpinan (administrator) sebagai unsur pimpinan tertinggi dalam organisasi, para manajer yang memimpin suatu unit satuan kerja sesuai dengan fungsinya masing-masing dan para pekerja (nonmanagement/workers). Semua itu secara bersama-sama merupakan kekuatan manusiawi (man power) organisasi.


  • Kerjasama


Kerjasama merupakan suatu perbuatan bantu-membantu akan suatu perbuatan yang dilakukan secara bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama. Oleh karena itu, semua anggota atau semua warga yang menurut tingkatan-tingkatannya dibedakan menjadi administrator, manajer, dan pekerja (workers), secara bersama-sama merupakan kekuatan manusiawi (man power) organisasi.


  • Tujuan Bersama


Tujuan merupakan arah atau sasaran yang dicapai. Tujuan menggambarkan tentang apa yang akan dicapai atau yang diharapkan. Tujuan merupakan titik akhir tentang apa yang harus dikerjakan. Tujuan juga menggambarkan tentang apa yang harus dicapai melalui prosedur, program, pola (network).


  • Peralatan


Unsur yang keempat adalah peralatan atau equipment yang terdiri dari semua sarana, berupa materi, mesin-mesin, uang, dan barang modal lainnya (tanah, gedung/bangunan/kantor).


  • Lingkungan


Faktor lingkungan misalnya keadaan sosial, budaya, ekonomi, dan teknologi. kebijaksanaan (policy), strategi, anggaran (budgeting), dan peraturan-peraturan (regulation) yang telah ditetapkan. Dan juga beberapa tujuan tertentu.

dari artikel sumber yang saya kutip ini saya menyimpulkan bahwa sebenarnya inti dari sebuah organisasi adalah sebuah kelompok atau sekelompok manusia/orang yang memiliki satu tujuan demi kesuksesan bersama. Terima kasih telah mengunjungi Blog Saya..!

SUMBER

Komentar